Halaman

Selasa, 06 Maret 2012

Apa kata mahasiswa jika perkuliahan dilakukan melalui Grup Facebook ?

FIRDAUS SUHARTA 
1215086077



Tugas Kapita Selekta Hasil Penelitian

TABULASI PENSENTASE TANGGAPAN MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENGENAI AKTIFITAS DISKUSI MATA KULIAH KSHP MELALUI FACEBOOK




KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 


A.   PENDAHULUAN


Latar Belakang

Mata Kuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian(KSHP) merupakan salah satu mata kuliah yang memiliki beban SKS cukup besar, materi perkuliahan yang cukup banyak dan cukup berat. Perkuliahan tatap muka dikelas mungkin tidaklah cukup untuk melakukan sharing mengenai materi-materi yang telah dibahas ataupun yang akan dibahas. Perlunya waktu pertemuan lain selain tatap muka dikelas dalam perkuliahan KSHP, membuat dosen memanfaatkan media Jejaring sosial Facebook untuk kegiatan perkuliahan yang tidak dapat dilaksanakan didalam kelas, seperti sharing dan kegiatan Tanya jawab yang tentunya membutuhkan waktu yang panjang untuk mengetahui jawaban dari peserta didik yang ikut dalam perkuliahan.
Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Dalam penggunaan media untuk belajar, suatu media harus sesuai dengan kebutuhan para peserta didik, dan harus memenuhi karakteristik dari suatu media belajar yang baik dan benar. Pengaplikasian suatu  media harus diperhatikan secara sungguh-sungguh dan selalu disertai dengan bimbingan dari pembelajar, agar tidak terjadi perbedaan pemahaman antara pemelajar dan pembelajar.

Masalah

Bagaimana respon dari mahasiswa Teknologi Pendidikan terhadap pernyataan yang menyebutkan bahwa “Kshp di FB hanya ngeganggu, ngerepotin, nyebelin, kagak mutu, dan membosankan. Emangnya kagak ada kerjaan lain? Sebaiknya stop saja!” ?



Metode Penelitian

Metode Survei
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode survei merupakan metode pengumpulan data primer yang menggunakan pertanyaan lisan dan tertulis. Dalam metode survei, data primer yang diperoleh dikumpulkan oleh peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian. Metode ini memerlukan kontak antara peneliti dengan subyek penelitian(responden) untuk memperoleh data yang diperlukan
Ada dua teknik pengumpulan data dalam metode survey, yaitu:
  1. Teknik wawancara
  2. Teknik kuesioner
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuseioner, yaitu dengan cara memberikan pertanyaan melalui media facebook.

Responden
Responden dalam penelitian ini adalah member yang ikut dalam grup Facebook pada Mata Kuliah Kshp, berdasarkan data yang ada, terdapat 40 member yang ada didalam grup.









 B.  HASIL


TABEL AKTIFITAS
No
Persentase yang Menjawab dan yang Bengong
1.
Mahasiswa yang menjawab
34
2.
Mahasiswa yang bengong
  5
Jumlah
39

No
Persentase Klasifikasi Jawaban Menurut Isi dan Jumlah Responden
1.
Metode yang baik dan menyenangkan
11
2.
Menantang
  2
3.
Bermanfaat baik bagi mahasiswa
10
4.
Membantu mahasiswa dalam belajar
  6
5.
Manajemen pengetahuan
  5
Jumlah
34

No
Persentase Klasifikasi Pemberian Saran
1.
Forum dilanjutkan
24
2.
Adanya pengaturan jadwal
  5
3.
Keringanan aktifitas diskusi
  5
Jumlah
34









PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM BATANG








PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK GRAFIK BULAT TIGA DIMENSI




















C.  PEMBAHASAN

Dari data di atas, terdapat 40 member dalam grup mata kuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian, 39 member diantaranya adalah mahasiswa dan 1 member lainnya adalah dosen, diperoleh penjelasan sebagai berikut:
  1. Data Aktifitas
Hasil yang diperoleh dalam data aktifitas yaitu terdapat sebanyak 34 mahasiswa yang ikut aktif menjawab pernyataan yang ada, sedangkan mahasiswa yang tidak menjawab atau bengong sebanyak 5 mahasiswa. Jadi jumlah member yang aktif dalam membahas pernyataan “Kshp di FB hanya ngeganggu, ngerepotin, nyebelin, kagak mutu, dan membosankan. Emangnya kagak ada kerjaan lain? Sebaiknya stop saja!” adalah sebanyak 35 member, dengan rincian 34 member mahasiswa dan 1 member dosen, seharusnya, dalam perkuliahan semua member harus ikut aktif.
  1. Data Klasifikasi Jawaban Menurut Isi dan Jumlah Responden
Dari berbagai jawaban yang ada mengenai pernyataan “Kshp di FB hanya ngeganggu, ngerepotin, nyebelin, kagak mutu, dan membosankan. Emangnya kagak ada kerjaan lain? Sebaiknya stop saja!” dapat di klasifikasikan menjadi beberapa jenis jawaban. Klasifikasi pertama yaitu Metode yang baik dan menyenangkan, ada sebanyak 11 member yang jawabannya termasuk kedalam klasifikasi pertama. Klasifikasi kedua yaitu Menantang, ada sebanyak 2 member yang jawabannya termasuk kedalam klasifikasi kedua. Klasifikasi ketiga Bermanfaat baik bagi mahasiswa, ada sebanyak 10 member yang jawabannya termasuk kedalam klasifikasi ketiga. Klasifikasi keempat Membantu mahasiswa dalam belajar, ada sebanyak 6 member yang jawabannya termasuk kedalam klasifikasi keempat. Klasifikasi kelima Manajemen Pengetahuan, ada sebanyak 5 member yang jawabannya termasuk kedalam klasifikasi kelima. Total dari member yang menjawab adalah sebanyak 34 member

  1. Data Klasifikasi Pemberian Saran
Dari berbagai jawaban yang ada, terdapat beberapa mahasiswa yang juga memberikan saran setelah memberikan jawaban mengenai pernyataan “Kshp di FB hanya ngeganggu, ngerepotin, nyebelin, kagak mutu, dan membosankan. Emangnya kagak ada kerjaan lain? Sebaiknya stop saja!”. Saran yang diberikan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Klasifikasi pertama yaitu Forum dilanjutkan, ada sebanyak 24 member yang jawabannya termasuk kedalam klasifikasi pertama. Klasifikasi kedua Adanya Pengaturan Jadwal, ada sebanyak 5 member yang jawabannya termasuk kedalam klasifikasi kedua. Klasifikasi ketiga keringanan Aktifitas Diskusi, ada sebanyak 5 member yang jawabannya termasuk kedalam klasifikasi ketiga. Total dari member yang memberikan saran adalah sebanyak 34 member.     



                                       D.  KESIMPULAN
 
Kesimpulan dari data yang diperoleh berdasarkan data di atas adalah sudah cukup bagusnya respon yang diberikan didalam group KSHP di jejaring sosial facebook. Hal itu dapat dilihat dari jumlah member yang ada, yaitu 40 member., yang aktif menjawab sebanyak 34 member, sudah hampir semua member ikut menanggapi pernyataan yang diberikan oleh dosen. Selain itu juga terdapat member yang bukan hanya menanggapi pernyataan yang diberikan, tetapi juga memberikan saran yang memiliki tujuan yang sama, yaitu agar group tersebut dapat di manajemen dengan lebih baik lagi.




  

E.   SARAN

Sebaiknya grup KSHP di Facebook dimanajemen dengan lebih baik lagi, baik dari segi pengaturan waktu Tanya jawab, diskusi, sharing, sampai batas akhir menjawab, agar tidak ada mahasiswa yang absen dalam kegiatan tersebut. Hal itu sangat perlu diperhatikan, karena setiap member yang ada pastinya memiliki aktifitas lain diluar perkuliahan. Selain itu, admin dalam memberikan pertanyaan ataupun tugas melalui grup, harus benar-benar memastikan pertanyaan yang diberikan dapat dipahami dengan baik oleh mahasiswa sebagai member yang mengikuti grup KSHP di Facebook







DAFTAR PUSTAKA


AECT TASK FORCE, 1977:162
Emzir, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Grup Facebook Kapita Selekta Hasil Penelitian




1 komentar: