1215086077
Tugas Kapita Selekta
Hasil Penelitian
TABULASI PENSENTASE TANGGAPAN MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENGENAI
AKTIFITAS DISKUSI MATA KULIAH KSHP MELALUI FACEBOOK
KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
A. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Mata Kuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian(KSHP)
merupakan salah satu mata kuliah yang memiliki beban SKS cukup besar, materi
perkuliahan yang cukup banyak dan cukup berat. Perkuliahan tatap muka dikelas
mungkin tidaklah cukup untuk melakukan sharing mengenai materi-materi yang
telah dibahas ataupun yang akan dibahas. Perlunya waktu pertemuan lain selain
tatap muka dikelas dalam perkuliahan KSHP, membuat dosen memanfaatkan media
Jejaring sosial Facebook untuk
kegiatan perkuliahan yang tidak dapat dilaksanakan didalam kelas, seperti
sharing dan kegiatan Tanya jawab yang tentunya membutuhkan waktu yang panjang
untuk mengetahui jawaban dari peserta didik yang ikut dalam perkuliahan.
Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan
untuk menyampaikan pesan atau informasi. Dalam penggunaan media untuk belajar,
suatu media harus sesuai dengan kebutuhan para peserta didik, dan harus
memenuhi karakteristik dari suatu media belajar yang baik dan benar.
Pengaplikasian suatu media harus
diperhatikan secara sungguh-sungguh dan selalu disertai dengan bimbingan dari
pembelajar, agar tidak terjadi perbedaan pemahaman antara pemelajar dan
pembelajar.
Masalah
Bagaimana respon dari mahasiswa Teknologi Pendidikan
terhadap pernyataan yang menyebutkan bahwa “Kshp di FB hanya ngeganggu,
ngerepotin, nyebelin, kagak mutu, dan membosankan. Emangnya kagak ada kerjaan
lain? Sebaiknya stop saja!” ?
Metode
Penelitian
Metode Survei
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei.
Metode survei merupakan metode pengumpulan data primer yang menggunakan
pertanyaan lisan dan tertulis. Dalam metode survei, data primer yang diperoleh
dikumpulkan oleh peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian. Metode ini
memerlukan kontak antara peneliti dengan subyek penelitian(responden) untuk
memperoleh data yang diperlukan
Ada
dua teknik pengumpulan data dalam metode survey, yaitu:
Teknik yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik kuseioner, yaitu dengan cara memberikan pertanyaan
melalui media facebook.
Responden
Responden dalam penelitian
ini adalah member yang ikut dalam grup Facebook pada Mata Kuliah Kshp,
berdasarkan data yang ada, terdapat 40 member yang ada didalam grup.
B. HASIL
TABEL AKTIFITAS
PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM BATANG
|
C. PEMBAHASAN
Dari
data di atas, terdapat 40 member dalam grup mata kuliah Kapita Selekta Hasil
Penelitian, 39 member diantaranya adalah mahasiswa dan 1 member lainnya adalah
dosen, diperoleh penjelasan sebagai berikut:
- Data Aktifitas
Hasil
yang diperoleh dalam data aktifitas yaitu terdapat sebanyak 34 mahasiswa yang
ikut aktif menjawab pernyataan yang ada, sedangkan mahasiswa yang tidak
menjawab atau bengong sebanyak 5 mahasiswa. Jadi jumlah member yang aktif dalam
membahas pernyataan “Kshp di FB hanya ngeganggu, ngerepotin, nyebelin, kagak
mutu, dan membosankan. Emangnya kagak ada kerjaan lain? Sebaiknya stop saja!”
adalah sebanyak 35 member, dengan rincian 34 member mahasiswa dan 1 member
dosen, seharusnya, dalam perkuliahan semua member harus ikut aktif.
- Data Klasifikasi Jawaban Menurut Isi dan Jumlah Responden
Dari
berbagai jawaban yang ada mengenai pernyataan “Kshp di FB hanya ngeganggu,
ngerepotin, nyebelin, kagak mutu, dan membosankan. Emangnya kagak ada kerjaan
lain? Sebaiknya stop saja!” dapat di klasifikasikan menjadi beberapa jenis
jawaban. Klasifikasi pertama yaitu Metode
yang baik dan menyenangkan, ada sebanyak 11 member yang jawabannya termasuk
kedalam klasifikasi pertama. Klasifikasi kedua yaitu Menantang, ada sebanyak 2 member yang jawabannya termasuk kedalam
klasifikasi kedua. Klasifikasi ketiga Bermanfaat
baik bagi mahasiswa, ada sebanyak 10 member yang jawabannya
termasuk kedalam klasifikasi ketiga. Klasifikasi keempat Membantu
mahasiswa dalam belajar, ada sebanyak 6 member yang jawabannya
termasuk kedalam klasifikasi keempat. Klasifikasi kelima Manajemen
Pengetahuan, ada sebanyak 5 member yang jawabannya
termasuk kedalam klasifikasi kelima. Total dari member yang menjawab adalah
sebanyak 34 member
- Data Klasifikasi Pemberian Saran
Dari berbagai jawaban yang ada, terdapat beberapa
mahasiswa yang juga memberikan saran setelah memberikan jawaban mengenai
pernyataan “Kshp di FB hanya ngeganggu, ngerepotin, nyebelin, kagak mutu, dan
membosankan. Emangnya kagak ada kerjaan lain? Sebaiknya stop saja!”. Saran yang
diberikan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Klasifikasi pertama
yaitu Forum dilanjutkan, ada sebanyak
24 member yang jawabannya termasuk kedalam klasifikasi pertama. Klasifikasi
kedua Adanya Pengaturan Jadwal, ada
sebanyak 5 member yang jawabannya termasuk kedalam klasifikasi kedua.
Klasifikasi ketiga keringanan Aktifitas Diskusi, ada sebanyak 5 member yang
jawabannya termasuk kedalam klasifikasi ketiga. Total dari member yang
memberikan saran adalah sebanyak 34 member.
D. KESIMPULAN
Kesimpulan dari data yang diperoleh berdasarkan data di atas adalah sudah cukup bagusnya respon yang diberikan didalam group KSHP di jejaring sosial facebook. Hal itu dapat dilihat dari jumlah member yang ada, yaitu 40 member., yang aktif menjawab sebanyak 34 member, sudah hampir semua member ikut menanggapi pernyataan yang diberikan oleh dosen. Selain itu juga terdapat member yang bukan hanya menanggapi pernyataan yang diberikan, tetapi juga memberikan saran yang memiliki tujuan yang sama, yaitu agar group tersebut dapat di manajemen dengan lebih baik lagi.
E.
SARAN
Sebaiknya grup KSHP di Facebook dimanajemen dengan lebih
baik lagi, baik dari segi pengaturan waktu Tanya jawab, diskusi, sharing,
sampai batas akhir menjawab, agar tidak ada mahasiswa yang absen dalam kegiatan
tersebut. Hal itu sangat perlu diperhatikan, karena setiap member yang ada
pastinya memiliki aktifitas lain diluar perkuliahan. Selain itu, admin dalam
memberikan pertanyaan ataupun tugas melalui grup, harus benar-benar memastikan
pertanyaan yang diberikan dapat dipahami dengan baik oleh mahasiswa sebagai member
yang mengikuti grup KSHP di Facebook
DAFTAR
PUSTAKA
AECT
TASK FORCE, 1977:162
Emzir,
2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.
Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Grup
Facebook Kapita Selekta Hasil Penelitian
BAGUS!!!!!!!!
BalasHapus