No
|
Judul Penelitian & Penyusun
|
Masalah Yang Ada Di Dalam Penelitian
|
Jenis Penelitian
|
Metode Yang Digunakan
|
Tujuan Penelitian
|
Hasil Dari Penelitian
|
Kelebihan Dari Penelitian
|
Kekurangan Dari Penelitian
|
1.
|
Pemanfaatan
Media Kaset Audio Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SDS Tunas Cemerlang Pondok
Bamboo
Putri
Kanti Wilujeng; 2010
|
Bagaimana
Pemanfaatan Media Kaset Audio Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SDS Tunas
Cemerlang Pondok Bamboo Kelas V Jakarta Timur
|
Penelitian
deskriptif
|
Metode
deskriptif
|
Untuk
mendeskripsikan pemanfaatan media kaset audio dalam pembelajaran bahasa
Indonesia di SDS tunas cemerlang pondok bamboo yang dilakukan oleh guru
|
Penambahan
materi yang digunakan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tersebut
menggunakan media kaset.
|
· Siswa
termotivasi dalam belajar
· Minat siswa
meningkat
· Kemampuan guru
dalam penggunaan media kaset yang baik sehingga materi tersampaikan
|
· Ada beberapa
siswa yang daya pemahamannya masih kurang sehingga harus memutar ulang media
kaset
· Jarang adanya
kendala yang mempengaruhi proses KBM
|
2.
|
Pengembangan
media CAI pada mata pelajaran IPS geografi sekolah menengah pertama
M.
Dzulkifli; 2009
|
Bagaimana
mengembangkan media CAI pada mata pelajaran geografi bagi siswa SMP
|
Penelitian
pengembangan
|
Metode
pengembangan
|
·
Memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai bagaimana
pengembangan suatu program pembelajaran berbantuan computer
·
Memberikan informasi tentang konsep-konsep geografi secara lebih
efesien dan efektif
|
CD
pembelajaran interaktif mata pelajaran IPS Geografi, Atmosfer untuk kelas VII
SMP
Setelah
diujicobakan dinyatakan CAI ini telah sesuai dengan model pemgembangan
intruksional
Menumbuhkan
konsisi belajar yang menyenangkan
Meningkatkan
motivasi belajar siswa
Pretest : 38.75%
Post
test :
68.16%
|
Dapat
meningkatkan kemampuan belajar siswa secara mandiri
Menambah
efisien waktu dalam menyesuaikan materi, khususnyta materi geografi
Dapat
memudahkan guru dalam mempersiapkan dan menyajikan materi pelajaran
|
Adanya
keterbatasan referensi, sehingga tidak semua materi dapat disimulasikan
Keterbatasan
waktu pengembangan, sehingga hasilnya kurang maksimal
Keterbatasan
kemampuan dalam menggunakan action
script pada software flash
|
3.
|
Pengembangan
media belajar berbantuan computer untuk menstimulasikan kemampuan berbahasa
pada siswa Taman Kanak-kanak
Intania
sari pratiwi; 2010
|
Bagaimana
mengembangkan produk media berbantuan komputer untuk menstimulus kemampuan
berbahasa pada siswa TK
|
Penelitian
pengembangan
|
Metode
pengembangan
|
Mengembangkan
media belajar berbantuan komputer dengan tema pengenalan hewan untuk
menstimulus kemampuan berbahasa pada siswa TK
|
CD
pembelajaran interaktif tentang pengenalan hewan untuk siswa TK
Menggunakan
teknik evaluasi formatif.
|
Menumbuhkan
kondisi belajar yang menyenangkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
Peningkatan
hasil belajar
pre
test :
71.5%
Post
test :
89.95%
Keberhasilan
belajar tercapai
|
Materi
yang disajikan masih kurang sempurna
Dalam
tahap penggunaan media siswa masih memerlukan pendamping
|
4.
|
Pengelolaan
video koleksi museum bank Indonesia sebagai sumber belajar bagi siswa SMA/K
Fajarudin
Thahar; 2009
|
Bagaimana
pengelolaan video pada museum Bank Indonesia sebagai sumber belajar
|
Penelitian
deskriptif
|
Metode
deskriptif
Wawancara,
studi dokumentasi, observasi dan kuisioner
|
Untuk
menggambarkan pengelolaan video sebagai sumber belajar di museum BI yang meliputi pengorganisasian, pengkoordinasian,
dan supervise
|
Pendeskripsian
proses penggelolaan video tentang perencanaan, pengorganisasian,
pengkoordinasian, dan supervisi
|
Video
tersebut digunakan sebagai sumber belajar
Memudahkan
masyarakat
Mempermudah
dalam mengakses informasi mengenai fungsi dan peran dari BI sebgai bank
sentra khususnya dikalangan pelajar.
|
Unsur
audio yang banyak menimbulkan noise
Informasi
yang masih dianggap kurang mengenai BI sebagai bank sentra dan sirkulasi yang
beroprasi di Indonesia
|
5.
|
Evaluasi
keterbacaan verbal pada modul mata kuliah teori belajar dan pembelajaran
universitas terbuka
Hani
Kartika Handayani; 2009
|
Bagaimanakah
tingkat keterbacaan verbal pada modul mata kuliah TBP di UT
|
Penelitian
deskriptif
|
Metode
evaluasi
|
Mengetahui
tingkat keterbacaan modul mata kuliah
TBP karangan Udin S. Winata Putra, dkk. Yang diterbitkan UT
|
Revisi
modul pada mata kuliah TBP di UT agar tingkat keterbacaannya dapat dipahami
mahasiswa
|
Dapat
dijadikan dasar pertimbangan bagi UT untuk kebih teliti lagi dalam menyusun
dan menilai modul yang digunakan untuk mahasiswa
|
Peneliti
tidak memberikan saran pengganti kata-kata sulit yang ditemukan sebagai hasil
penelitian ini
|
6.
|
Pengembangan
pembelajaran berbasis web untuk pelatihan pengintegrasian manajemen air dan
sanitasi dalam pembelajaran
Oktavia
H. Hutagalung; 2009
|
Bagaimanakah
pengembangan pembelajaran berbasis web untuk pelatihan pengintegrasian
manajemen air dan sanitasi untuk pembelajaran oleh SEAMOLEC
|
Penelitian
pengembangan
|
Metode
pengembangan
|
Menghasilkan
sebuah prototype produk berupa pembelajaran berbasis web
|
Pembelajaran
berbasis web untuk pelatihan pengintegrasian manajemen air dan sanitasi dalam
pembelajaran
|
Kualitas
program pembelajaran sangat baik
Aspek
materi cukup terpenuhi
Pembelajaran
berbasis web sangat baik digunakan
|
Kurangnya
penjelasan mengenai navigasi dalam pembelajaran berbasis web
Ahli
materi kurang
Ukuran
huruf dan warna harus diperhatikan
Penjelasan
kurang lengkap
|
7.
|
Pemanfaatan
multimedia pembelajaran pada mata pelajaran fisika (suatu studi deskriptif
siswa kelas VII di SMP AL-Azhar 12 Jakarta)
Tri
Setiawati; 2009
|
Bagaimana
pemanfaatan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran fisika untuk SMP
kelas VII di SMP Al-Azhar 12
Rawamangun Jakarta Timur
|
Penelitian
Studi kasus
|
Metode
deskriptif
Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik survei
|
Untuk
mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan multimedia pembelajaran pada mata
pelajaran disika khususnya di SMP Al-Azhar 12 Rawamangun Jakarta TImur
|
Pemanfaatan
multimedia pada pelajaran fisika kelas VII SMP
|
Memudahkan
guru untuk memanfaatkan proses pembelajaran terutama efektifitas dalam
penggunaan waktu
|
Tidak
meneliti sampai sejauh mana pengaruh pemanfaatan terhadap hasil belajar siswa
|
8.
|
Evaluasi
video maestro sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS (Sejarah) kelas
VIII di SMP N 199 Jakarta Timur
Anisya
Kusumawati; 2008
|
Sejauh
mana video maestri sesuai untuk digunakan sebagai sumber belajar pada mata
pelajaran IPS (Sejarah) SMP kelas VIII di SMPN 199 Jakarta Timur
|
Kombinasi
antara kualitatif dan kuantitatif
(terdapat 2 instrumen : wawancara dan angket)
|
Utilization
Focuzed evaluation
|
Untuk
mengetahui sejauh mana video maestro sesuai untuk digunakan sebagai sumber
belajar pada mata pelajaran IPS (Sejarah) SMP Kelas VIII dilihat dari kualitas
materi, metode pengajaran, bahasa dan fisik
|
Video
maestro sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS (Sejarah) kelas VIII
di SMP N 199 Jakarta Timur
|
- Segi teoritis
a. Dalam proses
pembelajaran pemanfaatan media akan memudahkan dalam penyampaian pesan kepada
pengguna
b. Media yang akan
dimanfaatkan terlebih dahulu dievaluasi agar tujuan pembelajaran diharapkan
tercapai
c. Hasil evaluasi
sumber belajar sehuarusnya diperhatikan dengan seksama oleh pengguna baik
pihak sekolah, guru/ siswa agar keefektifan pemanfaatannya dapat tercapai
- Segi praktis
Hasil evaluasi
sumber dapat dijadikan bahan masukkan dalam rangka pemanfaatan sumber belajar
penunjang pada mata pelajaran tertentu untuk meningkatkan kualitas proses
pembelajaran.
|
Bahwa
dalam tayangan videi maestro seri M. Hatta belum seluruh aspek baik dari
kualitas materi, metode penyajian, bahasa dan fisik sesuai digunakan sebagai
sumber belajar.
|
9.
|
Pengembangan
Pembelajaran Berbasis Web Untuk Pelatihan Pengintegrasian Manajemen Air Dan
Sanitasi Dalam Pembelajaran
Oktavia
H. Hutagalung; 2009
|
Bagaimanakah
Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web Untuk Pelatihan Pengintegrasian
Manajemen Air Dan Sanitasi Untuk Pembelajaran Oleh SEAMOLEC.
|
Penelitian Pengembangan
|
Metode Pengembangan
|
Untuk menghasilkan sebuah prototype produk
berupa pembelajaran berbasis web.
|
Pembelajaran berbasis web untuk pelatihan
pengintegrasian manajemen air dan sanitasi dalam pembelajaran.
|
·
Kualitas program pembelajaran sangat baik
·
Aspek materi cukup terpenuhi
·
Pembelajaran berbasis web sangat baik digunakan.
|
·
Kurangnya penjelasan mengenai navigasi dalam pembelajaran
berbasis web.
·
Ahli materi kurang.
·
Ukuran huruf dan warna harus. diperhatikan
·
Penjelasan kurang lengkap.
|
10.
|
Pengembangan
Media Game Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah
Dasar
Deni
Putri Haryanto; 2010
|
Game
Animasi Seperti Apa Yang Cocok Dimainkan Oleh Siswa Kelas IV SD Sehingga
Dapat Meningkatkan Minat, Motivasi Belajar, dan Meningkatkan Hasil Belajar.
|
Penelitian Pengembangan
|
Metode Pengembangan
|
Untuk Menghasilkan Sebuah Game Pembelajaran
Matematika Dengan Materi Bilangan Romawi Yang Cocok Digunakan Oleh Siswa SD
Kelas IV.
|
Game Pembelajaran Matematika Dengan Judul
“Petualangan Bilangan.”
|
·
Penelitian ini mengembangkan sebuah game untuk mata pelajaran
Matematika yang dapat mengembangkan kreatifitas, keterampilan membaca, dan
keterampilan berhitung siswa.
·
Hasil penelitian ini mengedepankan situasi lingkungan dari dalam
rumah dan luar rumah.
|
·
Hasil dari penelitian ini tidak diujicobakan dengan alasan tidak
ditemukannya waktu yang cocok.
·
Hasil penelitian ini hanya diujicobakan pada beberapa siswa
saja.
|
Rabu, 06 Juni 2012
Pengklasifikasian Jenis Proposal
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar